5 Zat Gizi yang Wajib Dikonsumsi Saat Menyusui, untuk Kesehatan Bayi

By | October 8, 2019

Mengonsumsi makanan kaya nutrisi akan sangat mempengaruhi kualitas ASI. Oleh karena itu, selama menyusui, nutrisi penting ibu yang cukup. Berikut di bawah ini adalah ulasannya:

1. Protein

Ketika menyusui, ibu masih membutuhkan asupan protein ekstra. Protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki berbagai jaringan dalam tubuh. Protein juga memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi di hari-hari awal hidupnya. Untuk ibunya sendiri, protein juga diperlukan untuk membantu pemulihan setelah kehamilan dan persalinan.

2. Lemak

Tidak hanya bayi, tubuh ibu juga perlu asupan lemak. Namun perlu diingat bahwa ibu harus makan lemak dalam bentuk lemak tak jenuh tunggal atau tak jenuh ganda, dan membatasi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans.

5 Zat Gizi yang Wajib Dikonsumsi Saat Menyusui, untuk Kesehatan Bayi

5 Zat Gizi yang Wajib Dikonsumsi Saat Menyusui, untuk Kesehatan Bayi

Sumber lemak tak jenuh dapat ditemukan dalam makanan ibu seperti: alpukat, ikan berlemak (seperti salmon), kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun dan minyak canola. Sementara itu, lemak jahat harus berasal dari ibu hindari gorengan dan daging berlemak.

3. Zat Besi

kebutuhan zat besi masih tinggi pada ibu menyusui. Zat besi dibutuhkan untuk mencegah anemia setelah melahirkan. Jika ibu tidak anemia setelah melahirkan dan eksklusif menyusui, ibu biasanya tidak perlu suplemen zat besi. Hal ini karena ibu bisa tidak memiliki periode menstruasi selama 4 sampai 6 bulan setelah melahirkan. Oleh karena itu, tidak ada kerugian besi melalui darah menstruasi. Sementara ibu mengalami anemia setelah melahirkan biasanya tidak memerlukan suplemen zat besi.

4. Kalsium

Tidak hanya selama kehamilan, kebutuhan asupan kalsium yang tinggi juga diperlukan bila ibu menyusui. Kehamilan dan menyusui dapat menyebabkan penurunan sementara dalam massa tulang. Namun, penurunan massa tulang biasanya akan kembali lagi setelah Anda berhenti menyusui. Jangan khawatir, ibu dapat mencegah keropos tulang adalah dengan mengkonsumsi kalsium dalam jumlah yang lebih tinggi selama kehamilan dan menyusui.

5. Vitamin C

Ibu menyusui membutuhkan lebih banyak vitamin C daripada ketika dia hamil. Vitamin C berperan dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan, sehingga diperlukan oleh ibu dan bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *